Meningkatkan Kualitas Diri

Sumber Foto: bejanakehidupan.com

Manusia sebagai makhluk Tuhan yang diciptakan sempurna melebihi makhluk lainnya, tentunya diberkahi masing-masing memiliki berbagai potensi diri yang patut disyukuri. Meskipun pada sebagian orang, potensi itu semu tak nampak nyata, sehingga butuh usaha menggalinya terlebih dahulu agar potensi dapat terlihat ke permukaan. Saat potensi sudah terlihat, maka kita pun akan mampu memaksimalkannya, sehingga kualitas diri pun meningkat.
Potensi yang tidak dengan segera terdeteksi dalam diri seseorang, senantiasa memengaruhi kualitas diri seseorang. Kala kemampuan mengelola potensinya kurang, maka pemberian kontribusi pada lingkungannya pun kurang. Maka dari itu, meningkatkan kualitas diri sangatlah penting. Berikut hal-hal yang bisa dicoba dalam rangka meningkatkan kualitas diri.

·         Temukan Potensi Anda
Untuk mengetahui potensi Anda, cobalah pikirkan tentang hal/ kegiatan apa yang sangat disukai hingga Anda lupa waktu (tapi kegiatan positif ya!). Secapek-capeknya Anda dalam melakukan hal tersebut, namun tetap merasa bahagia. Coba pikirkan, kira-kira kegiatan apa?
Kalau Anda masih merasa kesulitan menemukannya sendiri, Anda bisa berkonsultasi dengan ahlinya, semacam psikolog, dan sebagainya.

·         Memperluas Wawasan
Selanjutnya perluas wawasan, bisa dengan membaca, mengikuti seminar,  berwisata yang bermanfaat, dan sebagainya. 

·         Belajar dan Terus Belajar
Melalui belajar, banyak hal yang akan diketahui, dan meningkatkan rasa ingin tahu yang tinggi. Sebagaimana salah satu hadits mengungkapkan: “Carilah ilmu dari buaian hingga ke liang lahat”. Hal ini menunjukkan bahwa belajar tiada henti sangatlah dianjurkan, tak hanya menambah wawasan dan pengetahuan, melainkan dapat meningkatkan kualitas diri seseorang.

·         Fokus pada Tujuan Anda
Saat Anda berhasil menemukan potensi yang dimiliki, segera rancang setiap hal yang ingin Anda gapai. Suatu tindakan mutlak ini adalah hal yang sangat Anda butuhkan untuk meningkatkan kualitas diri. Semakin kuat dalam mengarahkan titik fokus pada tujuan Anda, maka semakin tingi juga emosi serta semangat positif pada diri Anda, sehingga hal yang menjadi tujuan Anda pun akan dengan mudahnya digapai. Dengan begitu kualitas diri pun meningkat.

·         Hidup yang Sehat
Tak dapat dipungkiri kondsi tubuh yang sehat dapat lebih unggul dan produktif dibandingkan mereka yang memiliki tubuh kurang sehat. Tak hanya sehat jasmani tapi juga kesehatan rohani pun patut diperhatikan, sehingga langkah-langkah di atas pun dapat dilakukan dengan optimal.

Saat potensi diri ditemukan, maka kualitas diri pun bisa ditingkatkan, dan meningkatnya kualitas diri seseorang akan berpengaruh pula pada kesuksesannya.


Jangan lupa tinggalkan jejak ya!  :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KRITIK NOVEL “OF MICE AND MEN”

CITRA PEREMPUAN DALAM NOVEL GADIS JAKARTA (NAJIB KAELANI) DAN NOVEL LAYAR TERKEMBANG (ST. TAKDIR ALISYAHBANA) (PENDEKATAN TEORI FEMINISME)