Kenali Penyebabnya Anak Malas Sekolah



Apa anak Anda sering malas berangkat sekolah?. Banyak orang tua yang kewalahan dengan tingkah laku anak-anaknya yang kian hari semakin malas untuk belajar dan berangkat ke sokolah. Hal ini tentu menjadi masalah besar yang perlu ditanggulangi secara serius.
Ketika orang tua menyadari kalau anaknya malas sekolah, hindari memarahi anak Anda, karena alih-alih mendapatkan solusi, Anda hanya akan memunculkan masalah baru. Untuk menanggapi anak yang malas sekolah, sebelum mencari solusi yang tepat, alangkah baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu penyebab anak Anda malas sekolah. Berikut ini beberapa hal yang bisa menyebabkan anak malas sekolah.
  • Anak merasa takut. Hal ini bisa menjadi penyebab anak Anda malas untuk berangkat sekolah. Adanya rasa takut yang begitu kuat dalam diri sang anak, bisa takut pada gurunya, temannya, atau pun pihak lainnya yang berada di lingkungan sekolah. Bahkan pelajaran yang tidak disukai pun bisa mendorong anak menjadi malas sekolah.
  • Anak kurang perhatian. Perhatian merupakan salah satu aspek penting yang menjadi kebutuhan pribadi sang anak. Kurangnya perhatian bisa terjadi di rumah, lingkungan keluarga atau pun di sekolah, dari berbagai pihakk yang ada, mulai dari gurunya, hingga teman-temannya. Anak pun merasa dirinya terkucilkan, seolah tak ada perhatian untuknya. Sehingga, anak pun tidak memiliki motivasi ataupun semangat untuk berangkat sekolah, akhirnya setiap harinya anak malas sekolah.
  • Orang tua yang terlalu keras. Tak sedikit orang tua yang mendidik anaknya seenaknya, sesuai metode yang diinginkannya bahkan bisa dikatakan kurang tepat jika diterapkan pada sang anak. Keegoisan orang tua yang kerap membimbing anaknya dengan sikap keras serta senantiasa menuntut lebih pada sang anak menjadi beban tersendiri bagi anak. Hal ini bisa membuat anak berontak, salah satunya yang sering terjadi yaitu malas sekolah, kalau pun berangkat sekolah, anak bolos/ kabur dari sekolah.
Itulah, beberapa hal yang dapat menyebabkan anak malas sekolah. Jika terjadi secara berkelanjutan, maka dapat berpengaruh terhadap masa depan sang anak. Oleh karena itu, masalah ini harus segera diatasi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KRITIK NOVEL “OF MICE AND MEN”

CITRA PEREMPUAN DALAM NOVEL GADIS JAKARTA (NAJIB KAELANI) DAN NOVEL LAYAR TERKEMBANG (ST. TAKDIR ALISYAHBANA) (PENDEKATAN TEORI FEMINISME)