Inilah 5 Pencegah Lenyapnya Kekuatan Jiwa

 Sumber Foto: erudisi.com
 
Pentingkah menjaga kekuatan jiwa? Iya tentu penting, ketika kekuatan jiwa lenyap maka tidak akan ada semangat lagi dalam hidup Anda. Jiwa atau batin seseorang tentu sangat memengaruhi otak seseorang, hasil belajar seseorang, serta memengaruhi kinerja setiap indovidu. Oleh karena itu menjaga kedamaian jiwa adalah hal yang patut diperhatikan, serta terhindar dari lenyapnya kekuatan jiwa. Seperti yang dikatakan Abdul Waid dalam salah satu bukunya menyatakan bahwa terdapat 5 pencegah lenyapnya kekuatan jiwa, diantaranya sebagai berikut.
1. Tidak Pernah Puas
Sikap tidak pernah puas tentu akan membuat seseorang ingin terus berkembang dan terus berkembang. Jadikan setiap pencapaian sebagai langkah untuk meraih pencapaian berikutnya, namun jangan sampai dijadikan obsesi yang berlebihan. Sikap tidak pernah puas akan membuat kekuatan jiwa tidak lenyap dengan mudah, karena rasa semangat dalam jiwa, serta otak yang terus aktif berpikir akan membuatnya tetap terjaga.
2. Konsisten
Konsisten adalah sikap yang harus tertanam dalam diri seseorang dalam menjaga kekuatan jiwa agar tida lenyap begitu saja. Konsisten terhadap arah yang ingin dicapai, jangan berbelok arah sebelum arah pertama dicapai, karena jika sikap konsisten digantikan dengan sikap mudah kompromi, maka kekuatan jiwa dalam meraih kesuksesan yang ingin digapai akan lenyap.
3. Pantang Menyerah
Sikap selanjutnya yakni pantang menyerah. Perjalanan menuju tangga kesuksesan pasti disuguhkan berbagai hambatan dan tantangan yang membutuhkan nyali dan tekad yang kuat. Kala Anda memilih menyerah maka kekuatan jiwa pun akan lenyap, karena semangat yang tadinya menggebu akan kandas dengan sikap menyerah. Lain halnya dengan sikap pantang menyerah hingga akhir, akan berpengaruh terhadap jiwa yang akan semakin kuat dan tangguh.
4. Menghindari Kesalahan
Kesalahan memanglah suatu hal yang wajar dilakukan oleh setiap manusia. Namun, untuk membuat jiwa agar tetap kuat, sebisa mungkin hindari kesalahan sekecil apa pun itu dan berhati-hati dalam setiap langkah yang dilalui. Karena, tanpa disadari kesalahan kecil bisa saja berdampak pada semangat jiwa Anda, kinerja atau pun hasil yang akan diterima. Kalau pun melakukan kesalahan yang tak dapat terhindarkan, maka jadikan sebagai pengalaman dan introspeksi diri untuk bisa melangkah lebih baik lagi.
5. Menghindari Sifat Lupa
Sifat lupa adalah suatu hal yang harus dihindari dalam menjaga kekuatan jiwa agar tidak mudah lenyap. Meskipun lupa merupakan hal yang manusiawi, namun masih banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk menghindari sifat tersebut. Jika sifat lupa menempel dalam diri Anda, maka untuk mencapai apa yang dituju pun akan terlupakan. Jadi, sebisa mungkin hindari sifat lupa agar jiwa senantiasa termotivasi dan semangat dalam mencapai setiap tujuan yang ingin digapai.
Itulah 5 hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah lenyapnya kekuatan jiwa.

Jangan lupa tinggalkan jejak ya! :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KRITIK NOVEL “OF MICE AND MEN”

CITRA PEREMPUAN DALAM NOVEL GADIS JAKARTA (NAJIB KAELANI) DAN NOVEL LAYAR TERKEMBANG (ST. TAKDIR ALISYAHBANA) (PENDEKATAN TEORI FEMINISME)